Senin, 05 Desember 2011

Elegi Menggapai Dimensi

Oleh Dr. Marsigit M. A 

Refleksi Oleh : Satriawan P.Mat(A) 11709251035

Aspek Ontologi
“Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujaadilah : 11)
“Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At Tiin : 4)
Diatas langit masih ada langit yang lebih tinggi lagi. Jadi jangan pernah merasa lebih hebat atau pintar, karena di seberan ruang dan juga waktu ada yang lebih dari kita. Dan Zat Yang Paling Sempurna hanya Zat yang Menciptakan kita.

Aspek Epistemelogi
Kesadaran kita sebagai manusia yang telah dimanahkan untuk menjadi khalifah dimuka bumi, maka sudah sepantasnya kita mengoptimalkan segala modal yang telah dikaruniakan oleh Sang Maha Pemberi Modal-Allah SWT- dengan membekali diri dengan ilmu. Ilmu tidaklah hanya memuaskan akal, tetapi juga mengisi hati sebagai penyeimbang. Karena dunia ini hanyalah tempat untuk mempersiapkan kehidupan yang sesungguhnya-kehidupan akhirat. Sehingga keduanya haruslah seimbang.

Aspek Aksiologi
Kita akan memperoleh ketenganan saat memadukan natar hati dan akal. Karena dengan dua itu kita akan menjadi sosok makhluk yang selalu termotivasi ketika melihat ke ‘atas’ dan selalu merasa bersykur saat melihat ke ‘bawah’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar