Senin, 05 Desember 2011

Elegi Menggapai Hakekat

Oleh Dr. Marsigit M. A 

Refleksi Oleh : Satriawan P.Mat(A) 11709251035

Aspek Ontologi
Hakekat adalah sesuatu yang penuh dengan makna dan nilai yang sangat mendalam. Bahkan dengan kita menyelami apa yang melekat pada diri kita maka seharusnya akan kita temukan sangat banyak petunjuk akan ahakekat Sang Maha Pencipta. Jadi intinya hakekat adalah pemikiran dan perenungan yang sangat dalam tentang makna atau hikmah yang terdapat dalam tiap detik waktu yang kita lewati, tiap tetes darah yang mengalir dalam tubuh kita, tiap hela nafas yang membuat kita tetap bisa berdiri tegak menatap dan menjalani setiap episode takdir yang telah ditetapkan Sang Maha Pencipta

Aspek Epistemelogi
Setiap manusia pada dasarnya memiliki sifat, sikap dan pemahaman yang baik. Hanya saja setiap manusia berbeda dalam mengoptimalkan apa yang ada. Agar kita sebagai manusia mempunyai kepekaan akan memahami setiap penciptaan kita di dunia, maka kita seharusnya menggunakan akal untuk memikirkan betapa agungnya Penciptaan Langit dan Bumi serta semua yang berada diantara keduanya. Tak ada yang mampu melakukan semua itu selain Sang Maha Pencipta Allah Subhanallahu Wata’ala. Betapa detilnya Dia membuat perputaran siang dan malam, bahkan organ-orga yang menyusun tubuh manusia.

Aspek Aksiologi
Saat kita mampu mengoptimalkan akal dan hati untuk memaknai setiap penciptaan Allah maka kita akan memperoleh kejernihan berfikir dan kelapangan hati dalam menjalani stiap episode kehidupan yang telah Dia takdirkan. Kita akan mencapai pada derajat manusia yang bijaksana dalam bertindak dan arif dalam berfikir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar